THE EFFECT OF PUPPET AS A TEACHING MEDIA FOR SPEAKING COMPETENCY OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS AT SMP N 2 SINGARAJA IN THE ACADEMIC YEAR 2014/2015

Authors

  • Agus Adi Yasmita .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Dewa Putu Ramendra, S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.4620

Abstract

Penelitian ini dibatasi untuk menyelidiki efek penggunaan boneka (Puppet) sebagai media pembelajaran untuk kompetensi berbicara dari siswa kelas tujuh di SMP N 2 Singaraja pada tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian eksperimen ini ada dua kelompok yang dipilih sebagai sampel penelitian dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Satu kelompok menjadi kelompok eksperimen yang akan diajarkan dengan menggunakan media boneka (Puppet), sementara itu yang satunya lagi sebagai kelompok kontrol yang akan diajarkan dengan menggunakan media konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode posttest only control group. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil yang didapatkan signifikan,ini dapat dilihat pada nilai rata-rata kedua grup dimana nilai rata-rata grup experimental adalah 80.83 dan nilai rata-rata grup control adalah 71.50;hasil dari to (t observed) adalah 4.193 dan ini lebih tinggi dari tcv (t critical value) yang nilainya 1.96 (a=0.5). Hal ini menunjukkan bahwa media boneka (Puppet) memberikan efek yang lebih baik dalam berbicara daripada media konvensional.
Kata Kunci : Puppet, Instructional Media, Speaking Competency

This research was restricted to investigate the effect of puppet use as teaching media for speaking competency of the seventh grade students at SMP N 2 Singaraja in the academic year 2014/2015. In this experimental research there were two groups selected as sample of research by using cluster random sampling. One group becomes experimental group which will be taught by using puppet media meanwhile another one as control group which will be taught by using conventional media. This research was carried out by using posttest only control group. The data were analyzed descriptively and inferentially. The result were significant, it can be seen from both group’s mean score where experimental group score was 80.83 while control group score was 71.50; the value of to (t observed) was 4.193 and it was higher than tcv (t critical value) that was 1.96 (a=0.5). This indicates that Puppet media give better effect in speaking than conventional media.
keyword : Puppet, Instructional Media, Speaking Competency

Published

2015-02-23

Issue

Section

Articles