The Types of Communication Strategies Used by Kindergarten Teachers of Aura Sukma Insani Bilingual School in Teaching English as a Second Language

Authors

  • Ni Made Ayuni Wulandari .
  • Prof. Dr.I Ketut Seken,MA .
  • Dr. I Gede Budasi,M.Ed,Dip.App.Lin .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.5306

Abstract

Tujuan dari penelitian in adalah untuk mendeskripsikan tentang jenis strategi komunikasi yang digunakan oleh guru- guru Taman Kanak- kanak Aura Sukma Insani dalam mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Penelitian ini melingkupi jenis-jenis strategi komunikasi yang digunakan oleh guru-guru dalam mengajar, alasan guru-guru dalam menggunakan jenis-jenis strategi komunikasi dalam mengajar, dan pedapat siswa mengenai jenis-jenis strategi komunikasi yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan oleh peneliti sebagai instrumen utama, dan dibantu oleh beberapa alat, seperti perekam video, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data mengenai jenis dari strategi komunikasi yang digunakan oleh guru-guru dikumpulkan memalui proses merekam dan mengamati proses belajar mengajar, sedangkan pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang alasan guru-guru dalam menggunakan tipe-tipe strategi komunikasi dalam mengajar, dan pendapat siswa mengenai strategi komunikasi yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 15 jenis dari strategi komunikasi yang digunakan oleh guru. Strategi perubahan kode adalah yang paling sering digunakan oleh guru. Alasan dari guru menggunakan strategi tersebut adalah untuk membantu guru-guru dalam menjelaskan materi kepada siswa, mempermudah siswa dalam memahami materi, dan mencegah terjadinya kesalahpahaman antara siswa dan guru saat berkomunikasi. Data juga menunjukkan bahwa guru mendapatkan persepsi yang positif dari siswanya dalam menggunakan strategi komunikasi selama proses belajar mengajar.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, guru bahasa Inggris, dan proses belajar mengajar.

The purpose of this study was to describe the communication strategies used by kindergarten teachers of Aura Sukma Insani in teaching English as a second language. It includes the types of communication strategies used by the teachers in teaching, the reasons of the teachers in using such types of communication strategies and the students’ perception toward communication strategies used by the teachers. The subjects of this study were kindergarten teachers of Aura Sukma Insani Kindergarten. The data were collected by using the researcher as the main instrument helped by some devices, namely audio-video recorder, observation sheets, and the interview guides.The types of communication strategies were gathered by observing and recording the teacher during teaching and learning process, while the interview guides were used to gather the data about the teacher’s reason in using such types of communication strategies and the students’ perception toward the communication strategies used by the teachers. The results of this study showed that there were 15 types of communication strategies used by the teachers. Code switching strategy was the most frequently used by the teachers. The reasons of the teachers used those strategies were to help the teachers in delivering the material to the students, made the students easier to understand the material, and avoid the communication breakdown among teachers and the students. The data also showed that the teachers got positive perception from their students in applying Communication Strategies during teaching and learning process.
keyword : Communication Strategies, English teacher, teaching and learning process

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles