IMPROVING STUDENTS’ COMPETENCE IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY USING MULTIMEDIA AT SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP DWIJENDRA GIANYAR IN THE ACADEMIC YEAR 2014/2015

Authors

  • I Gede Saryana .
  • Drs.Sudirman, M.L.S .
  • Kadek Sonia Piscayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.5752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis paragraf deskriptif di kelas 7 C SMP Dwijendra Gianyar pada tahun akademik 2014/2015. Subjek penelitian ini terdiri dari 19 siswa dan 15 siswi. Berdasarkan hasil pra penelitian ditemukan bahwa nilai rata - rata siswa dalam menulis adalah 68, dan nilai tersebut dikategorikan menengah berdasarkan kriteria pada tabel Penilaian Acuan Patokan (PAP). Skor tersebut masih dibawah kriteria kelulusan sekolah (KKM), dimana seharusnya mereka mencapai skor 70. Disamping itu, hasil kuisioner pada pra penelitian menunjukkan bahwa siswa dan siswi sedang mengalami kesulitan dalam menulis dan mereka masih belum puas dengan pencapaian mereka selama ini. Berdasar pada temuan tersebut, serangkaian proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dari Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan menerapkan Multimedia sebagai alat bantu mengajar guna meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks deskriptif. Data penelititan ini dikumpulkan melalui kuisioner, interview, observasi dan tes, kemudian data tersebut dianalisa secara kualitatif and kuantitatif. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi siswa dalam menulis teks deskriptif dapat ditingkatkan melalui penerapan Mutimedia sebagai alat bantu mengajar. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus 1 sebesar 82 dan 80 pada siklus 2. Lebih jauh, seluruh siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sebagai tambahan, Multimedia juga membawa efek positif pada partisipasi, antusiasme, dan ketertarikan siswa dalam belajar sebagaimana diungkap melalui hasil kuisioner pada akhir siklus 2. Oleh sebab itu disimpulkan bahwa kompetensi siswa dan siswi kelas 7C SMP Dwijendra Gianyar pada tahun ajaran 2014/2015 dalam menulis teks descriptive dapat ditingkatkan dengan megunakan multimedia sebagai alat bantu mengajar.
Kata Kunci : Kompetensi menulis, Multimedia, Teks Deskriptif.

ABSTRACT This study was aimed at improving the students’ competency in writing descriptive text in the 7C class of SMP Dwijendra Gianyar in the academic year 2014/2015. The subjects of this study consisted of 19 males and 15 females. Based on the preliminary study it was found that the students’ mean score in writing was 68, and this score was categorized as moderate based on PAP’s criteria. This score is also bellow school passing grade in which they supposed to achieve 70 Moreover, the result of questionnaire in preliminary study indicated that students were having problem in writing, and they had been not satisfied with their achievement. Reflected to the result of preliminary study, series of planning, acting, observing and reflecting of Action research was done by using multimedia as teaching aids to improve the students’ competence in writing descriptive text. The data were collected through four kinds of instruments, namely: interview, observation sheet, questionnaire and test. Then, the data were analyzed quantitatively and qualitatively. The findings of this study showed that the students’ writing competency could be improved through the use of multimedia. This was proved through students’ mean score that was 82 in first Cycle and 80 in second Cycle. Furthermore, all of the students had passed the school passing grade. In addition, the post questionnaire revealed that this media also brought positive effect in fostering students’ participation, enthusiasm and interest in learning English. Thus, the students’ competence of C class of SMP Dwijendra Gianyar in academic year 2014/2015 in writing descriptive text had been improved through the use of multimedia as teaching aids.
keyword : Writing competence, Multimedia, Descriptive text.

Published

2015-07-31

Issue

Section

Articles