An Analysis of Politeness Strategies Used by Female and Male Students in XI IIS of SMA Bhaktiyasa Singaraja to Talk to Their Teachers Inside and Outside the Classroom

Authors

  • Ni Wayan Sugitariani .
  • Prof. Dr.I Ketut Seken,MA .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.6012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan jenis-jenis strategi kesantunan yang digunakan siswa perempuan dan laki-laki di kelas XI IIS SMA Bhaktiyasa Singaraja untuk berbicara dengan para guru mereka saat di dalam kelas dan diluar kelas dan alasan mereka menggunakan strategi kesantunan tersebut. Subjek penelitian ini ialah para siswa di kelas XI IIS SMA Bhaktiyasa Singaraja yang berbicara dengan guru-guru mereka. Peneliti merupakan instrument utama pada penelitian ini yang mengumpulkan data dengan merekam suara percakapan siswa dengan guru, mencatat fenomena yang terjadi, dan mewawancarai subjek penelitian. Strategi kesantunan yang digunakan oleh siswa dianalisis berdasarkan teori kesantunan Brown & Levinson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan ialah bald on record politeness positive politeness, dan off record. Bald on record impolite language merupakan strategi yang paling sering digunakan oleh siswa baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Sebagian besar, siswa mengunakan bahasa tidak santun yang dapat disebut sebagai kesalahan pragmatik karena siswa memiliki motif untuk menadi lebih dekat dengan guru-guru mereka. Hal ini berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa positive politeness strategy yang banyak dipilih saat berbicara dalam situasi formal. Penelitian ini menunjukkan siswa menggunakan impolite language bahkan pada saat mereka berbicara dengan guru di dalam kelas. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa siswa jarang menggunakan strategi kesantunan dalam berbicara dengan guru, bahkan dalam situasi formal. Alasan para siswa menggunakan bahasa tidak santun karena mereka merasa mereka dekat dengan para guru.
Kata Kunci : Kesalahan Pragmatik, Strategi Kesantunan, Strategi Komunikasi

This study aimed to explain the types of politeness strategies used by female and male students of XI IIS of SMA Bhaktiyasa Singaraja to talk to their teachers inside and outside the classroom and the reason of using those strategies. The researcher was the key instrument in this study that collected the data by audio-recording the conversation between students and teachers, taking note of the phenomena and interviewing the subject of the study. The subjects of the study were the students in XI IIS of SMA Bhaktiyasa Singaraja who talked to their teachers. The politeness strategies used by students were analyzed based on Brown & Levinson’s theory of politeness. The result of this study showed that the strategies used by female and male students were bald on record politeness, positive politeness, and off record. Mostly, the students used impolite language which can be stated as pragmatic errors because the students’ motive was to get closer to the teachers so they used impolite language. It was different from the previous studies that indicated positive politeness strategy most used by speaker in formal situation. The result of this study indicated that the students used politeness strategies rarely even when they talked to their teachers in the classroom activities. The students’ reasons of using the impolite language most frequently than politeness strategies because they felt they were close with the teachers so that they used impolite language to show their friendliness.
keyword : Communication Strategies, Politeness Strategies, Pragmatic Error

Published

2015-10-08

Issue

Section

Articles