CLASSROOM MOTIVATIONAL STRATEGIES BETWEEN THE EXPERIENCED ENGLISH TEACHER AND THE NOVICE ENGLISH TEACHERS IN TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE

Authors

  • Ni Wayan Sri Ayu Rusiniawati .
  • I Putu Ngurah Wage M, S.Pd. .
  • Nyoman Karina Wedhanti, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.6043

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi-strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris yang berpengalaman dan guru baru untuk memotivasi siswa dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di dalam kelas, dan (2) mendeskripsikan perbedaan strategi-strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris yang berpengalaman dan guru baru untuk memotivasi siswa dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di dalam kelas. Subjek dari penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris yang berusia 47 tahun dan memiliki pengalaman mengajar selama 18 tahun dan seorang guru Bahasa Inggris yang berusia 31 tahun dan memiliki pengalaman mengajar selama 6 tahun di SMA Negeri 1 Kubu. Penelitian ini menggunakan metode qualitatif dalam bentuk case study. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, note taking, interview dan focus group discussion. Setelah data terkumpulkan, data tersebut ditranskrip, dipilah dengan cara menghilangkan yang tidak dibutuhkan dan kemudian hasilnya dijabarkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hanya 15 strategi memotivasi yang digunakan oleh guru yang berpengalaman dan 16 strategi memotivasi yang digunakan oleh guru baru dari 21 strategi yang dikombinasikan dari Dornyei and Csizer (1989) and Maya Sugita (2010). Dari strategi yang memotivasi tersebut, guru berpengalaman dan guru yang belum berpengalaman hanya berbeda dalam penggunaan 5 strategi yang memotivasi dalam pengajaran Bahasa Inggris.
Kata Kunci : Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, Guru Berpengalaman dan Guru belum Berpengalaman, Strategi memotivasi

This research aimed to: (1) describe the strategies that are used by the experienced and novice English teachers to motivate the students in teaching English as Foreign Language in the classroom, and (2) describe the differences in the strategies used by the experienced and novice English teachers to motivate the students in teaching English as a Foreign Language in the classroom. The subjects of this study were an experienced English teacher who was 47 years old and had 19 years of teaching experiences and a novice English teacher who was 31 years old and had 6 years of teaching experiences at SMA Negeri 1 Kubu. This research used qualitative research design in the form of case study. This study employed observation, note taking, interview and focus group discussion for collecting the data. After the data were collected, the data were transcribed, reduced by eliminating those were not appropriate and then the results were described. The results of this study show only 15 motivational strategies which were used by the experienced teacher and 16 motivational strategies which were used by the novice teacher in teaching English as a Foreign Language out of the 21 motivational strategies identified from Dornyei and Csizer (1989) and Sugita and Takeuchi (2010). Among those motivational strategies, the experienced and the novice English teachers only differed in the use of 5 motivational strategies in their teaching of English as a Foreign Language.
keyword : English as Foreign Language, Experienced and Novice Teacher, Motivationa Strategies

Published

2015-10-20

Issue

Section

Articles