IMPROVING STUDENTS' WRITING ACHIEVEMENT THROUGH PEER REVIEW AND FACEBOOK FOR GRADE XI OF SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • Luh Desi Karunia Lestari .
  • Dr.Sudirman, M.L.S .
  • Dewa Putu Ramendra, S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.6079

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi menulis siswa kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja melalui peer review dan Facebook. Ada dua siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini, setiap siklus terdiri dari empat tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian, dan refleksi. Tahap perencanaan mencangkup pembuatan sebuah grup Facebook dan pembuatan RPP. Sedangkan tahapan pelaksanaan dan pengamatan terjadi di dua tempat yaitu di kelas dan di online melalui grup Facebook. Kemudian penilaian dilakukan segera setelah data terkumpul dan refleksi dilakukan setelah penilaian dilaksanakan. Hasil penelitian ini memperlihatkan kesuksesan peningkatan prestasi menulis siswa. Pertama, ada kecendrungan yang positif dari skor rerata siswa, meningkat dari 64,9 di pre test menjadi 77,9 di siklus pertama dan menjadi 88,7 di siklus kedua. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa indikator kesuskesan penelitian yang pertama sudah dicapai. Kedua, tidak ada siswa yang tertinggal lagi di siklus kedua. Hasil pre test menunjukkan bahwa terdapat 26 siswa yang tidak lulus nilai KKM yaitu 72. Di siklus pertama, jumlah yang tidak lulus berkurang menjadi empat orang dan akhirnya tidak ada siswa yang memiliki nilai dibawah KKM pada siklus kedua. Ini berarti indikator kesuksesan penelitian yang kedua sudah tercapai. Ketiga, tanggapan siswa terhadap penerapan teknik ini sangatlah bagus. Menurut mereka, teknik ini sangat berguna untuk membantu mereka dalam menulis sebuah teks. Ini berarti indikator kesuksesan penelitian yang ketiga juga sudah dicapai. Karena ketiga indikator kesuksesan penelitian sudah dicapai, berarti penerapan peer review dan Facebook benar-benar mampu meningkatkan prestasi menulis siswa kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja.
Kata Kunci : prestasi menulis, Peer review, Facebook

This research was a classroom action research aimed at improving students’ writing achievement for grade X in SMA Negeri 2 Singaraja through peer review and Facebook. There were two cycles conducted in this research; each cycle consisted of four steps namely planning, action, observation and evaluation, and reflection. In the planning steps were carried out to create a Facebook group and make lesson plans. Meanwhile, the action took place inside the classroom and online on the Facebook group. The observation and evaluation was done soon after the data was collected and the reflection was done after the evaluation conducted. The results of the research showed that the students’ writing achievement can be improvement successfully. First, there is a positive trend of the students’ mean score. It increased from 64.9 in the pre test to 77.9 in the first cycle and to 88.7. Therefore, it can be said that the first research success indicator was achieved. Second, there were no students left behind in the second cycle. In pre test, there were 26 students who did not passed the passing grade of 72. In the first cycle, the number decreased to 4 and finally all students’ score had passed the passing grade after the second cycle. This means that the second research success indicators had been achieved. Third, the students’ response toward the implementation of the technique is positive. Most of the students thought that the technique was very useful to help them write a text. This means that the third indicator of research success had also been accomplished. Since the three research indicators had been successfully accomplished, it can be concluded that the implementation of peer review and Facebook does really improve students’ writing achievement for grade XI in SMA Negeri 2 Singaraja.
keyword : writing achievement, peer review, Facebook

Published

2015-10-29

Issue

Section

Articles