THE IMPLEMENTATION OF INSTRUCTIONAL STRATEGIES AND TEACHER’S ROLES IN CLASSROOM MANAGEMNET AT SECOND GRADE (A CLASS) OF ELEMENTARY STUDENTS IN CIS SCHOOL BALI IN THE ACADEMIC YEAR 2015/2016

Authors

  • Ni Nengah Muriani .
  • Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, MA .
  • Nyoman Karina Wedhanti, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.6092

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategy mengajar dan peran guru dalam proses belajar mengajar yang digunakan di Sekolah CIS Bali. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas 2A sekolah dasar di sekolah CIS Bali tahun ajaran 2015/2016. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, dokumentasi, wawancara, dan kemudian dianalisis secara deskriptif. Terdapat empat alat yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya lembaran observasi, pedoman wawancara, catatan kecil dan handy cam. Penelitian ini menggunakan dua teori sebagai dasar dalam menganalisis data diantaranya teori strategi mengajar menurut Petrina (2007) dan teori tentang peran guru menurut Harmer (2007). Hasil dari penelitian ini adalah berbagai strategi mengajar dalam bentuk metode yg bervariasi telah diterapkan di sekolah CIS Bali kecuali strategi mengajar “indrirect instruction”. Diantara peran-peran guru yang digunakan, hanya satu peran guru yang tidak diterapkan di sekolah CIS Bali yaitu peran guru sebagai seorang “Tutor”. Strategi yang paling sering digunakan adalah strategi “direct instruction” dalam bentuk metode “didactic question” (64,45% dan diaplikasikan sebanyak 29 kali) dan strategi yang paling sedikit digunakan adalah strategi “independent study” (100 % dan diaplikasikan sebanyak 1 kali. Terkait dengan peran guru, peran yang paling sering digunakan adalah peran guru sebagai “organizer” (52,85% dan diaplikasikan sebanyak 158 kali) dan peran guru yang paling sedikit digunakan adalah peran guru sebagai “assessort” (5,35% dan diaplikasikan sebanyak 16 kali). Dengan mengkombinasikan strategi mengajar dan peran guru dalam proses belajar mengajar, guru di kelas 2A sekolah dasar di sekolah CIS Bali mampu mengelola kelas dengan baik, hal itu terlihat dari keefektifan dari proses belajar mengajar yg dilakukan oleh guru di dalam kelas.
Kata Kunci : Manajemen Kelas, Strategi Mengajar, Peran Guru

ABSTRACT The purpose of this study were to describe instructional strategies and teacher’s roles in teaching and learning process which were frequently used in CIS School Bali. The subject of the study were the teacher and the students at second grade (A class) elementary of CIS School Bali in the academic year 2015/2016. The data was collected through observations, documentation, and interview and then analyzed descriptively. There were four instruments which used in this study such as, observation sheets, interview guide, field notes, and handy cam in which triangulation was used for the trustworthiness of this research. There were two theories used in this study as the basis of analyzing the data, instructional Strategies proposed by Petrina (2007) and teacher’s roles stated by Harmer (2007). The results of the study were various instructional strategies were implemented in CIS School Bali in the form of various instructional methods except one instructional strategy namely: indirect instruction strategy. Among various teacher’s roles which were used only teacher’s role as a tutor which was not implemented in CIS School Bali. The most used instructional strategy was direct instruction in the form of didactic question method (64,45% and applied 29 times) and the least frequently used was independent study (100% and applied 1 time). Related to the teacher’s roles, the most role was implemented was teacher’s role as an organizer (52,85% and applied 158 times) and the least implemented was teacher’s role as assessor (5,35% and applied 16 times). Finally, by combining instructional strategies and teacher’s roles in teaching and learning process, the teacher at second grade (A class) of elementary students in CIS School Bali was able to manage the class well which could be seen from the effectiveness of the teaching and learning process which done by the teacher in the classroom.
keyword : Key words: Classroom Management, Instructional Strategies, Teacher’s Roles

Published

2015-11-02

Issue

Section

Articles