Improving Speaking Competency of the Eleventh Grade AP1 (Hotel Accommodation Program 1) Students at SMK Negeri 4 Bangli by Using Project-Based Learning

Authors

  • Luh Putu Ayu Novita Dewi .
  • Dewa Ayu Eka Agustini, S.Pd., M.S. .
  • Dr.Sudirman, M.L.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.6101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas XI AP1 di SMK Negeri 4 Bangli dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek sebagai pendekatan pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI AP1 dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan diselesaikan dengan dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek sebagai pendekatan pembelajaran dapat meningkatakan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris siswa XI AP1 SMK Negeri 4 Bangli. Hasil Post-Test 2 menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa XI AP1 berjumlah 80. Sedangkan pada test awal (pre-test) nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas XI AP1 69. Presentase jumlah murid yang lulus juga meningkat dari 28% menjadi 68%. Hasil dari presentase kelulusan yang diperoleh dari post-test 2 dengan jumlah 100% sudah melebihi dari target yang ditetapkan dengan jumlah 75%. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa siswa memberikan kesan positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek sebgai pendekatan pembelajaran. Pembelajaran bahasa Inggis dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris.
Kata Kunci : Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, kemampuan berbicara

This study aimed at improving speaking competency of the eleventh grade AP1 students at SMK Negeri 4 Bangli by using project-based learning as learning approach. The subjects of this study were the eleventh grade AP1 students of SMK Negeri 4 Bangli which consisted 25 students. The study was conducted by following the action research procedures and it was completed in two cycles. The result of the study showed that speaking competency of the eleventh grade AP1 could be improved by using project-based learning. The result of post-test 2 proved that the students’ mean score was 80 which significantly improved from the pre-test result that was 69. The class percentage of the students passing the test was 100% which was beyond the expected target which was 75%. Based on the questionnaire result, the students also had positive response towards the implementation of project-based learning approach. The result showed that learning English using project-based learning could improve their speaking competency in terms of fluency, pronunciation, grammar, and vocabulary.
keyword : Keywords: Project-based learning, speaking competency

Published

2015-11-03

Issue

Section

Articles