AN ANALYSIS OF A TEXTBOOK ENTITLED BAHASA INGGRIS UNTUK SMA/MA/SMK/MAK KELAS X USED IN THE TEACHING ENGLISH AT THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Ida Ayu Putri Brahmantini .
  • Drs.Gede Batan,MA .
  • Made Hery Santoso, S.Pd, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.6126

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas buku teks, kesesuaian antara buku teks dengan kurikulum 2013, penampilan secara umum buku teks, dan masalah yang dialami oleh siswa dan guru dari penggunaan buku teks di SMA Negeri 3 Singaraja. Objek penelitian ini adalah buku teks berjudul “Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X.” Subjek penelitian ini adalah empat puluh lima siswa kelas X dan dua guru bahasa inggris yang mengajar di kelas X SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2014/2015. Subjek ditentukan dengan menggunakan purposive technique. Data mengenai kualitas buku teks, kesesuaian buku teks dengan kurikulum 2013, dan penampilan secara umum buku teks dikumpulkan dengan menggunakan ceklis. Sedangkan, data mengenai masalah yang dialami oleh siswa dan guru dari penggunaan buku teks diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada siswa dan guru bahasa inggris. Dari hasil analisis data ceklis, skor kualitas buku teks adalah 67.22 berarti cukup, skor kesesuaian buku teks dengan kurikulum 2013 adalah 63.63 berarti cukup, sedangkan skor penampilan secara umum buku teks adalah 60 berarti cukup. Dari hasil analisis data kuesioner, terdapat beberapa masalah yang dialami oleh siswa dan guru, diantaranya keterlambatan pendistribusian buku teks dan ketidakjelasan tahap pendekatan saintifik dalam buku guru. Secara keseluruhan, buku teks berjudul “Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X” cukup baik namun masih terdapat masalah dalam penggunaannya. Oleh karena itu, dapat direkomendasikan bahwa penyusun dan pemerintah bersinergi dalam memperbaiki keterlambatan pendistribusian buku teks, melengkapi materi buku teks agar sesuai dengan kurikulum 2013, dan menyesuaikan materi dengan karakter siswa.
Kata Kunci : Analisis buku teks, buku teks berjudul “Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X”, kurikulum 2013

The research was descriptive qualitative. This study aimed at finding out the general quality of the textbook, the relevancy between the textbook and the curriculum 2013, the physical appearance of the textbook, and problems encountered by the students and teachers of SMA Negeri 3 Singaraja in using the textbook. The object was the textbook entitled “Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X.” The subjects of this study were forty-five students of the tenth grade and two English teachers teaching at the tenth grade of SMA Negeri 3 Singaraja and chosen using purposive technique. The data of the general quality of the textbook, the relevancy between the textbook and the curriculum 2013, and the physical appearance of the textbook were gained using checklist. Meanwhile, the data of the problems encountered by the students and teachers were gained using questionnaires. According to the result of checklist data analysis, the general quality of the textbook is sufficient with score 67.22, the relevancy between the textbook and the curriculum 2013 is sufficient with score 63.63, and the physical appearance of the textbook is sufficient with score 60. According to the result of questionnaire data analysis, some problems are encountered, such as the tardiness of the textbook distribution and the vagueness of the steps of scientific approach with the teacher’s manual. Therefore, it is recommended that the author and government should fix the tardiness of the textbook distribution and complete the materials in order to be relevant with the curriculum 2013.
keyword : Textbook analysis, a textbook entitled “Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X”, the curriculum 2013.

Published

2015-11-03

Issue

Section

Articles