AN ANALYSIS OF CLASSROOM CHARACTER EDUCATION IN ENGLISH LESSON AT SMP NEGERI 1 SEMARAPURA IN ACADEMIC YEAR 2015/2016

Authors

  • Luh Putu Novi Anggita Widyamarta .
  • Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngr. Marha .
  • Luh Diah Surya Adnyani, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.6356

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk mendeskripsikan pendidikan karakter di kelas dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Semarapura. Subyek penelitian adalah siswa kelas tujuh dan guru bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Semarapura. Peneliti menganalisis rencana pelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai karakter yang dimasukkan dalam pengajaran empat keterampilan dasar dalam bahasa inggris. Nilai-nilai karakter yang diamati dalam penelitian ini adalah religius, cerdas, kejujuran, percaya diri, kesadaran, kerja tim, toleransi, ketangguhan, demokrasi, mandiri, dan mematuhi aturan-aturan sosial. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari panduan wawancara, perekam, analisis checklist rencana pelajaran, dan checklist observasi. Analisis penelitian menunjukkan bahwa guru memasukkan nilai-nilai karakter dalam indikator, materi pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan instrumen penilaian dalam rencana pelajaran. Sedangkan dalam kegiatan proses belajar mengajar, nilai-nilai karakter juga dimasukan. Namun, nilai-nilai karakter yang dimasukkan dalam kegiatan belajar terdapat beberapa perbedaan pada setiap pertemuan. Hal ini tergantung pada nilai-nilai karakter yang direncanakan dalam rencana pelajaran. Dalam evaluasi, guru menilai nilai-nilai karakter siswa dengan mengamati siswa yang aktif dan tidak aktif di dalam kelas. Setelah itu, guru memberikan tanda centang pada daftar hadiah siswa.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter di kelas, Pengajaran dan Pembelajarn Bahasa Inggris

This study was conducted in order to describe the classroom character education in English lesson at SMP Negeri 1 Semarapura. The subjects of the study were the seventh grade students and the English teacher in SMP Negeri 1 Semarapura. The researcher analyzed the lesson plans, the implementation, and the evaluation to know how the character values were inserted in the teaching of the four basic skills in English. The character values which are observed in this study were religious, intelligent, honesty, self-confident, awareness, team work, tolerance, toughening, democracy, independent, and obey the social rules. The instruments in this study consisted of interview guide, recorder, lesson plan analysis checklist, and observation checklist. The analysis of the study indicates that the teacher inserts the character values in indicators, learning materials, learning steps, and assessment instrument in lesson plans. In teaching and learning activities, character values are also implemented. However, the character values which are inserted in learning activities are different in each meeting. It depends on Character values which are planned in lesson plan. In the evaluation, the teacher assesses students’ character values by observing the students who are active and not active in the classroom. After that, the teacher give check mark on students’ presents list
keyword : classroom character education, English teaching and learning

Published

2016-01-21

Issue

Section

Articles