AN ANALYSIS OF TEACHER AND STUDENT TALK IN CLASSROOM INTERACTION BY USING FOREIGN LANGUAGE INTERACTION ANALYSIS SYSTEM IN ACADEMIC YEAR 2015/2016

Authors

  • A.A.A. Ngr. Lusia Widanti .
  • Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, MA .
  • Dr.Sudirman, M.L.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.6643

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan interaksi antara guru dan siswa, untuk mengidentifikasikan kategori dari interaksi di dalam kelas yang paling sering dan paling jarang terjadi, untuk menemukan alasan dari interaksi yang terjadi selama proses belajar-mengajar di kelas XI di SMA Pariwisata Kertha Wisata. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kamera video, lembar observasi, dan wawancara. Data yang terkumpul diperoleh dengan merekam interaksi di dalam kelas selama proses belajar-mengajar, mentranskripsikan, dan mengkategorikannya berdasarkan pada sistem analisis FLINT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembicaraan guru mengambil partisipasi lebih banyak di dalam kelas dengan persentase frekuensi yang diucapkan sebesar 50,1%, sedangkan pembicaraan siswa menghasilkan 49,9%. Kategori FLINT yang paling sering terjadi adalah kategori menanyakan pertanyaan dengan persentase sebesar 19,4%, sedangkan yang paling jarang terjadi adalah kategori tertawa yaitu sebesar 0,3% dari 975 ucapan-ucapan yang dihasilkan oleh guru dan siswa. Guru harus membuat perbaikan agar pelajaran menjadi lebih menyenangkan tapi bermakna, dan siswa harus mengambil lebih banyak partisipasi dalam kelas sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.
Kata Kunci : FLINT, frekuensi, interaksi.

The purposes of this study were to describe the interaction between the teacher and students, to identify categories of classroom interaction which the most and least frequently occurred, to discover the reasons of the interaction during the teaching–learning process in class XI at SMA Pariwisata Kertha Wisata. This study was designed in form of qualitative research. The instruments used in gathering data were video camera, observation sheet, and interview guide. The collected data gained by recording the classroom interaction during teaching-learning process, transcribing, and categorized it based on FLINT analysis system. The result showed that teacher talk took more participation in the classroom with percentage of frequency uttered was 50.1%, while the students talk produced 49.9%. The FLINT categories which most frequently occurred was asks question category in percentage of 19.4%, whereas the least frequently occurred was laughter category which was 0.3% from 975 utterances produced by the teacher and the students. The teacher should make improvement in making the lesson become joyful but meaningful, and the students should take more participation in the class so the learning goal could be achieved.
keyword : FLINT, frequency, interaction.

Published

2016-03-02

Issue

Section

Articles