THE EFFECT OF JIGSAW PUZZLE BOARD GAME TOWARDS THE FIFTH GRADE STUDENTS’ ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT IN KAMPUNG BARU, BULELENG, IN THE ACADEMIC YEAR 2015/2016

Authors

  • Putu Irmayanti Wiyasa .
  • Dra.Ni Made Ratminingsih, MA .
  • Made Hery Santoso, S.Pd, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i1.8242

Abstract

Jigsaw Puzzle board game merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar Bahasa Inggris kepada anak usia dini. Pada Jigsaw Puzzle board game terdapat potongan gambar yang sesuai dengan topik yang dipelajari oleh siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Jigsaw Puzzle board game terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas lima di Kampung Baru, Buleleng, tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain post-test only control group. Sampel dari penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Terdapat dua kelompok yang menjadi sampel dari penelitian ini yaitu SD N 5 Kampung Baru sebagai kelompok eksperimental dan SD N 1 Kampung Baru sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah post-test, teaching scenario, dan try-out test. Data yang sudah diperoleh, dianalisis menggunakan program SPSS 22 secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis secara statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimental yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Jigsaw Puzzle board game lebih tinggi (80.61) daripada kelompok kontrol (70.83). Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimental dan kontrol dimana hasil dari t-test menunjukkan bahwa hasil dari t-observed (tobs) adalah 2.69, melampaui nilai t-critical value (tcv) 1.99 (α=0.05, df=62). Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan Jigsaw Puzzle board game memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kelompok eksperimental. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa guru dapat menggunakan Jigsaw Puzzle board game sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas lima di Kampung Baru.
Kata Kunci : jigsaw puzzle, prestasi belajar bahasa Inggris, media pembelajaran, siswa Sekolah Dasar

Jigsaw puzzle board game is a teaching media for teaching English to young learners. It contains interlocking shapes of picture that are in accordance with topics learned by the students at school. This study was aimed at investigating the effect of Jigsaw Puzzle board game towards the fifth grade students’ English learning achievement in Kampung Baru, Buleleng, in the academic year 2015/2016. This study was an experimental research with post-test only control group design. The sample of this study was determined by cluster random sampling technique. Thereby, there were two groups became the sample of this study, namely SD Negeri 5 Kampung Baru as the experimental group and SD Negeri 1 Kampung Baru as the control group. The instruments used to collect and support the data were post-test, teaching scenario, and try-out test. The data obtained in this study were descriptively and inferentially analyzed by using SPSS program 22. The result of the statistics analysis showed that the mean score of experimental group resulted in higher score (80.61) than the control group (70.83). Furthermore, the result of the independent sample t-test showed that there was significant difference between the score of the experimental and control group in which the t-observed (tobs) was 2.69 exceeding the t-critical value (tcv), 1.99 (α=0.05, df=62). The result indicated that there was significant effect of using Jigsaw Puzzle board game towards the fifth grade students’ English learning achievement. Therefore, it can be concluded that the Jigsaw Puzzle board game can be used by the teacher to enhance the fifth grade students’ English learning achievement in Kampung Baru.
keyword : jigsaw puzzle, prestasi belajar bahasa Inggris, media pembelajaran, siswa Sekolah Dasar

Published

2016-08-04

Issue

Section

Articles