THE CONTRIBUTION OF ADVERSITY QUOTIENT AND ANXIETY TOWARD STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA KARYA WISATA IN ACADEMIC YEAR 2015/2016

Authors

  • I Gede Putu Waisya Dharma .
  • Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngr. Marha .
  • Dr.Sudirman, M.L.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i2.8676

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi: (1) kontribusi dari ketahanmalangan terhadap prestasi menulis siswa. (2) kecemasan terhadap prestasi menulis siswa (3) kontribusi secara bersamaan dari ketahanmalangan dan kecemasan terhadap prestasi menulis siswa kelas sebelas di SMA Karya Wisata tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan ex-post-facto desain. Populasi dari penelitian ini adalah kelas sebelas di SMA Karya Wisata tahun ajaran 2015/2016. 115 siswa terpilih sebagai sampel di penelitian ini yang menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data dari ketahanmalangan dan kecemasan, sedangkan data untuk prestasi menulis di dapat dari hasil laporan siswa. Data yang sudah di dapat di analisis menggunakan simple dan multiple regressions. Hasil dari analisis menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh kontribusi yang signifikan dari ketahanmalangan terhadap prestasi menulis siswa sebesar 11.1%. (2) terdapat pengaruh kontribusi yang signifikan dari kecemasa terhadap prestasi menulis siswa sebesar 6.1%. (3) secara bersamaan terdapat pengaruh kontribusi yang signifikan dari ketahanmalangan dan kecemasan terhadap prestasi menulis siswa sebesar 20.9%. Secara rinci, efektif kontribusi dari ketahanmalangan sebesar 13.5% dan kecemasan sebesar 7.4% terhadap prestasi menulis siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketahanmalangan dan kecemasan tidak sepenuhnya berkontribusi terhadap pestasi menulis siswa, 79.1% di pengaruhi oleh variabel – variabel lain.
Kata Kunci : Kata Kunci: Ketahanmalangan, Kecemasan, Pretasi Menulis.

This research aimed to investigate the independent variables as well as simultaneous contribution of adversity quotient and anxiety towards students’ writing achievement of the eleventh grade students of SMA Karya Wisata. This research used ex-post-facto research design. The population of this research was the eleventh grade students of SMA Karya Wisata in academic year 2015/2016. 115 students were selected as the sample of this research by using simple random sampling technique. The data were collected by questionnaires and document study. The collected data were analyzed by using simple and multiple regressions. The result of analysis showed that: (1) there is a significant contribution of adversity quotient towards students’ writing achievement at 11.1%. (2) there is a significant contribution of anxiety towards students’ writing achievement at 6.1%. (3) simultaneously there is a significant contribution of adversity quotient and anxiety toward students’ writing achievement at 20.9%. In detail, the effective contribution of adversity quotient is 13.5% and the contribution of anxiety is 7.4% toward students’ writing achievement.
keyword : Keywords: Adversity Quotient, Anxiety, Writing Achievement.

Published

2016-11-02

Issue

Section

Articles