ANALYSIS OF PERCEPTIONS ON ENGLISH NEEDS FOR STUDENTS OF MARKETING PROGRAM OF SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • I Pt Hendry Gunawan .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd., M.Pd .
  • Putu Eka Dambayana S., S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i2.9709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi dari keperluan bahasa Inggris oleh siswa jurusan pemasaran di SMK Negeri 1 Singaraja melalui murid di jurusan pemasaran, guru yang mengajar bahasa Inggris dan perusahaan yang bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Singaraja. Subjek dari penelitian ini adalah kelas B tingkat sebelas di jurusan pemasaran di SMK Negeri 1 Singaraja yang beranggotakan 41 siswa. Data dari penelitian ini diperoleh melalui kuesioner, panduan wawancara, rekaman suara, dan catatan. Penelitian ini adalah deskriftif kualitatif penelitian kasus. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kemampuan berbicara dan istilah-istilah tekhnikal di pemasaran adalah hal yang utama untuk diajarkan kepada siswa di jurusan pemasaran dan diperlukan adanya materi yang secara spesifik mengajar siswa mengenai bahasa yang digunakan di sektor pemasaran.
Kata Kunci : Bahasa Inggris untuk Pemasaran, Keperluan, Keperluan Siswa

TThis research aimed at investigating the perceptions on English needs of students of marketing study program in SMK Negeri 1 Singaraja through the students in marketing study program, the teacher who teaches English, and one of the stakeholders of SMK Negeri 1 Singaraja. The subject of this research was B class of eleventh grade in marketing study program in SMK Negeri 1 Singaraja which consisted of 41 students. The data of this research were obtained by using questionnaire, interview guide, audio recorder, and notes. This research is descriptive qualitative case study research. The result of this research found speaking skill and marketing technical terms were the most priority to be taught for the students in marketing study program and it needed materials which specifically teach students about the language which is used in marketing sector.
keyword : English for Marketing, Needs, Needs Analysis

Published

2017-03-02

Issue

Section

Articles