PROFIL SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN KIMIA SMA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DITINJAU DARI KOMPETENSI DASAR ISI MATERI DAN JENJANG KELAS

Authors

  • I Wayan Subagia Universitas Pendidikan ganesha
  • Ni Made Wiratini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Fikriatul Khairat Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20942

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil soal UN mata pelajaran kimia SMA tahun pelajaran 2017/2018 ditinjau dari kompetensi dasar, isi materi dan jenjang kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Soal UN mata pelajaran kimia ditinjau dari kompetensi dasar, terdapat 26 kompetensi dasar yang terlibat pada soal dengan persentase 37,14% dan 44 kompetensi dasar yang tidak terlibat dengan persentase 62,86%. Selain itu, terdapat kompetensi dasar yang memiliki jumlah soal lebih dari satu soal. (2) Soal UN mata pelajaran kimia ditinjau dari isi materi, terdapat  16 materi pokok yang terlibat pada soal dengan persentase 84,21% dan 3 materi pokok yang tidak terlibat dengan persentase 15,79%. Selain itu, terdapat materi pokok yang memiliki jumlah soal lebih dari satu soal. (3) Soal UN mata pelajaran kimia ditinjau dari jenjang kelas, kompetensi dasar dan isi materi pokok yang dominan terdapat di kelas XII sebanyak 40,0% (16 soal), kelas XI sebanyak  37,5% (15 soal) dan kelas X sebanyak 22,5% (9 soal).

Kata Kunci: ujian nasional, kimia, SMA

Abstract

This study aimed to describe and explain the profile of National Examination test of high school chemistry subjects in the academic year 2017/2018 viewed from basic competency, content, and grade level. The data collection method used is document study. Data were analyzed using quantitative descriptive techniques. The results of this study are as follows: (1) UN items for chemistry subjects viewed from basic competencies, ware 26 basic competencies involved in the problem with a percentage of 37,14% and 44 basic competencies not involved with the percentage 62,86%. In addition, there ware basic competencies which have more than one question. (2) UN items for chemistry subjects viewed from the contents, showed 16 subject matter involved in the question with a percentage of 84,21% and three subject matter not involved with a percentage of  15,79%. In addition, there ware a subject matter that had more than one question. (3) UN items for chemistry subjects for the 2017/2018 school year viewed from the grade level, the basic competencies and contents of the dominant subject matter in class XII as much as 40,0% (16 questions), class XI as much as 37,5% (15 questions) and class X as much as 22,5% (9 questions).

 Key words: national exam, chemistry

 

 

References

Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Awaludin, R. 2014. “Analisis Dokumen Soal Ujian Nasional Kimia 2012/2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom dan Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional Kimia 2012/2013”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Chang, R. 2003. General Chemistry : The Essential Concepts Third Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Depdiknas, 2004. Garis-Garis Besarn Progra Pengajaran Ilu Kiia. Jakarta: Depdiknud.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006: Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Hadiana, D. 2013. “Karakteristik Soal UN Kimia SMA Tahun Pelajaran 2008/2009”. Jurnal Evaluasi dan Asesmen Pendidikan, Volume 2, Nomor 1.

Nuriyah, N. 2014. “Evaluasi Pebelajaran”. Jurnal Edueksos, Volume 3, Nomor 1.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar Oleh satuan Pendidikan. 2018. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Satrisman, A. 2013. “Analisis Soal Ujian Nasional Kimia SMA Tahun 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom Dua Dimensi”.Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Sudijono, A. 2015. Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta.

Zainul, A & Nasoetion, N. 2001. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: DirektoratJenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wiyarsi, A. 2010. “Kajian Tentang Distribusi Kompetensi Dasar Dalam Soal Ujian Nasional Kimia Tingkat SMA/MA Tahun 2009-2011”.Skripsi.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-09-18

How to Cite

Subagia, I. W., Wiratini, N. M., & Khairat, F. (2019). PROFIL SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN KIMIA SMA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DITINJAU DARI KOMPETENSI DASAR ISI MATERI DAN JENJANG KELAS. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20942

Issue

Section

Articles