PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DENGAN POLA DEDUKTIF

Authors

  • Putu Candra Yuni Artini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Nyoman Sudria Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ngadiran Kartowasono Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21131

Abstract

Abstrak

Penelitian dan pengembangan pendidikan (R&D) ini bertujuan (1) mengembangkan dan mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran pola deduktif pada pokok bahasan larutan penyangga, (2) mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari hasil penilaian dan masukan ahli dan praktisi. R&D mengikuti prosedur Borg dan Gall yang dibatasi sampai tahap validasi produk dan uji keterbacaan. Data hasil penelitian ini meliputi hasil analisis kebutuhan, rancangan prototipe perangkat pembelajaran, pembuatan perangkat pembelajaran, validasi produk, dan deskripsi karakteristik perangkat pembelajaran larutan penyangga dengan pola deduktif. Hasil-hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan diperlukannya perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pola deduktif. Produk yang dihasilkan berupa prototipe perangkat pembelajaran larutan penyangga dengan pola deduktif meliputi RPP, LKS, teks materi pelajaran, dan instrumen penilaian. Karakteristik RPP, LKS, dan teks materi pelajaran yang dikembangkan adalah menyajikan isi dengan urutan konsep dan tahapan penalaran yang sama (deduktif).  Hasil validasi menunjukkan sebagian besar aspek perangkat pembelajaran mendapat rata-rata penilaian dengan kategori baik dari validator. Hasil uji keterbacaan pada siswa SMA juga menunjukkan tingkat keterbacaan LKS, teks materi, dan tes hasil belajar dalam kategori baik. Dengan demikian, perangkat pembelajaran larutan penyangga dengan pola deduktif yang telah dikembangkan memiliki validitas memadai (baik).

Kata-kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, pola deduktif, larutan penyangga

 

Abstract

This education research and development (R&D) was aimed to (1) develop and describe the characteristic of deductive learning tools on the topic of buffer solution, (2) describe the validity of developed learning tools from validators’ assessment results. R&D follow procedures by Borg and Gall that is limited until product validation and readabilty test. Results of the research were need assessment, planning of learning tools prototype, making of learning tools, validation data, and characteristic description of deductive learning tools. The research results were analyzed qualitatively. The need assessment result show that scientific deductive learning tools were needed. The products produced were scientific deductive learning tools which included lesson plan, worksheet, reading text, and assessment instrument. The characteristic of lesson plan, worksheet, and reading text are presenting content with same concept arrangement and reasoning step (deductive). Validation result show that most aspects of developed learning tools got good category judgement from validators. The readability test result also showed that level of students understanding on developed learning tools was in good category. Therefore, deductive learning tools on the topic of buffer solution that had been developed have good validity.

 

Keywords: learning tools, scientific approach, deductive pattern, buffer solution

References

AAAS. (1993). Benchmarks for Science Literacy. New York: Oxford University Press.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., . . . Wittrock, M. C. (Eds.). (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing. United States: Longman.

Borg, W. L., & Gall, M. D. (1989). Educational Research: An Introduction. New York: Long Man.

Carin, A. A., & Sund, R. (1975). Teaching Science Through Discovery. Ohio: Charles E. Meril Publisher.

Dick, W., & Carey, L. (1985). The Systematic Design of Instruction. London: Scott, Foresman and Company.

Herron, & et. al. (1977). Problems associated with concept analysis. Science Education. Vol 61. No. 2, 185-199.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

OECD. (2002). PISA 2000 Technical Report. OECD, Paris. Diakses dari www.oecd.org/pisa

OECD. (2005). PISA 2003 Data Analysis Manual: SAS® Users, OECD, Paris. Diakses dari www.oecd.org/pisa

OECD. (2010). PISA 2009 Results: Executive Summary. OECD, Paris. Diakses dari www.oecd.org/pisa

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know.

Subagia, I. W. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA. Seminar Nasional FMIPA Undiksha (pp. 152-163). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudria, I. N., Kartowasono, N., Nurlita, F., & Sya'ban, S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Berpikir Deduktif. Laporan Penelitian, Tidak dipublikasikan.

Thomond, P. N. (2004). Exploring and Describing Management Action for the Pursuit of Distruptive Innovation. Doctor Thesis. Cranfield University. Diakses 7 Desember 2014 dari dspace.lib.cranfield.ac.uk/.../P.%20 Thomond%20Thesis%202004.pdf.

Downloads

Published

2019-10-11

How to Cite

Yuni Artini, P. C., Sudria, I. B. N., & Kartowasono, N. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA DENGAN POLA DEDUKTIF. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 77–84. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21131

Issue

Section

Articles