Improving the Process and Student Learning Outcomes of The Reaction Rate Material with Discovery Learning Model Assisted by Virtual Laboratory

Authors

  • Minarni Minarni Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi
  • Afrida Afrida Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi
  • Epinur Epinur Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi
  • Rahmawida Putri fakultas farmasi sekolah tinggi farmasi muhammadiyah tangerang indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v6i1.37949

Keywords:

Virtual Laboratory, Discovery Learning Model, Reaction Rate

Abstract

Masalah yang terjadi saat ini yaitu masih banyak siswa yang kesulitan dalam belajar kimia. Penelitian lain menyatakan bahwa pembelajaran yang berpusat pada guru membuat siswa pasif dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis model discovery learning berbantuan laboratorium virtual untuk pelajaran Kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, setiap siklus satu pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap (perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi terhadapan tindakan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu diperoleh aktivitas dosen siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 berturut- turut 75 %, 81,25% dan 93,75%. Sedangkan aktivitas mahasiswa berturut-turut 65,6%, 81,25% dan 87,5%. Ketuntasan kelas siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 adalah 55,8%, 73,5% dan 88,2%, rata-rata hasil belajar siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 adalah 67,9%, 70,4% dan 88,2%. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan terjadi peningkatan aktivitas dosen, aktivitas mahasiswa, presentase ketuntasan kelas dan rata-rata hasil belajar pada pembelajaran materi laju reaksi dengan model discovery learning berbantuan laboratorium virtual.

Author Biographies

Minarni Minarni, Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Afrida Afrida, Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Epinur Epinur, Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi

References

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press.

Epinur & Yusnidar. 2016. Pengembangan Laboratorium Virtual Dengan Macromedia Flash 8 Materi Larutan Asam-Basa Untuk Kimia Dasar II Prodi Pendidikan Kimia. Laporan Penelitian: Universitas Jambi.

Madcoms. 2011. Adobe flash CS6 Professional. Yogyakarta: C.V Andi OFFSET.

Mulyatiningsih. 2011. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mustaji. 2009. Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Sains.Jakarta: UNIMAL Press.

Pribadi, B.A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Pujiati, A. & Nurhayati, 2014, Pengaruh Model Pembelajaran (Berbantuan Labboratorium Virtual) dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kimia., Jakarta: Universitas Indraprasta. Diakses tanggal 16 Desember 2014

Razi, P., 2013, Hubungan Motivasi Dengan Kerja Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Virtual Laboratory Di Kelas X SMAN Kota Padang., Padang: UNP. Diakses tanggal 16 Desember 2014

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutarno. 2013. Pengaruh Penerapan Model Praktikum Virtual Berbasis Problem Solving Terhadap Kemamuan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Universitas Bengkulu., Diakses tanggal 15 Desember 2014.

Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: GP Press.

. 2012. Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: GP Press.

Tatli, Z. & Ayas, A., 2013, Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Students' Achievement. Educational Technology & Society, 16 (1), 159–170. Diakses tanggal 15 Desember 2014.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV.Andy Offeset.

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Minarni, M., Afrida, A., Epinur, E., & Putri, R. (2022). Improving the Process and Student Learning Outcomes of The Reaction Rate Material with Discovery Learning Model Assisted by Virtual Laboratory . Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.23887/jpk.v6i1.37949

Issue

Section

Articles