PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP SIKAP DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN SUKASADA

Authors

  • I Kadek Dwi Aditya
  • Made Sumantri
  • I Gede Astawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan sikap disiplin belajar dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa secara simultan yang mengikuti model pembelajaran learning cycle (5E) berbasis kearifan lokal dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) perbedaan sikap disiplin belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran learning cycle (5E) berbasis kearifan lokal dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan 3) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran learning cycle (5E) berbasis kearifan lokal dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 209 orang dan sampel penelitian berjumlah 55 orang yang diambil dengan teknik group desain random sampling. Data sikap disiplin belajar siswa dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa lembar kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan teknik Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara simultan, terdapat perbedaan sikap disiplin belajar dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran learning cycle (5E) berbasis kearifan lokal dan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dibutikan dengan nilai signifikasi sebesar 0,004 < 0,05. 2)terdapat perbedaan sikap disiplin belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran learning cycle (5E) berbasis kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05. 3) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran learning cycle (5E) berbasis kearifan lokal dan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 < 0,05. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle (5E) berbasis kearifan lokal berpengaruh positif terhadap sikap disiplin belajar dan hasil belajar IPA siswa.

References

DAFTAR RUJUKAN

Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. G. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Astawan, I G dan Rati N W. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum dan Teknik Merangkum Terhadap Penalaran Manusia.” E-Journal PGSD Undiksh, Volume 3 (halaman 1-9). https://media.neliti.com/media/publications/85726-none-ce3fd1f6.pdf

(diakses pada tanggal 24 Juni 2019).

Candiasa, I M. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Dewi, D. R, dkk. 2013.”Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) 5e Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 26 Pemecutan Denpasar Barat”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 1, No. 1.

Koyan, I. W. 2012. Statistik Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press.

Putri, N K. W. D. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle (5E) Berbasis Kearifan Lokal Terhaap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Imu Pendidikan. Undiksha: Singaraja.

Sadia, I W. 2014. Model-model Pembelajaran Sains Kontruktivisme. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RZZ MEDIA

Sisdiknas. Nomor 20 Tahun 2003. Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta : Sinar Grafika.

Sugiantara, I P. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle (5E) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus VII Kecamatan Buleleng”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 1, No. 1.

Suja, I A. 2010. Kearifan Lokal Sains Asli Bali. Denpasar : Paramita.

Suniasih, N W. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDN 5 Pedungan Denpasar". Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 1, No. 1.

Yuniari, N M. D. 2014. “Pengaruh Penarapan Pendekatan Pembelajaran Konstektual Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Gugus VI Abiansemal”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2, No. 1.

Yopiani, P. S, dkk. 2013. “Pengaruh Model Learning Cycle 5e (Engagement, Exsploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd N 1 Kesiman”. Jurnal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pgsd. Vol. 1, No. 1.

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP SIKAP DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN SUKASADA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792

Issue

Section

Articles