BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN

Ni Nyoman Widiantari, I Ketut Gading, I Gede Astawan

Abstract


Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar belum dapat dilaksanakan secara maksimal, apalagi pada masa pandemi covid-19 yang mengakibatkan sistem pembelajaran yang diterapkan yaitu sistem pembelajaran dalam jaringan. Penyampaian materi pembelajaran belum dapat dilaksanakan dengan baik karena bahan ajar interaktif sebagai sumber belajar pendukung masih kurang di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan bahan ajar interaktif yang telah diuji dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE. Namun, karena adanya pandemi covid-19 maka dalam penelitian ini tahap implementasi dan evaluasi tidak dapat dilaksanakan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli media, dua orang ahli praktisi, tiga orang siswa dalam uji respon perorangan dan enam orang siswa dalam uji respon kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus gregory yang telah dimodifikasi untuk mengetahui keterterimaan bahan ajar yang dikembangkan. Skor yang diperoleh dari keempat ahli adalah 1,00 dengan kualifikasi keterterimaan produk sangat tinggi. Hasil uji respon perorangan memperoleh skor rata-rata sebesar 4, 00 dan uji respon kelompok kecil memperoleh skor rata-rata sebesar 4, 00 dengan kualifikasi sangat baik. Jadi bahan ajar interaktif berbasis kearifan lokal Bali pada muatan IPS Tema 1 Indahnya Kebersamaan kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


bahan ajar; kearifan lokal; IPS

References


Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32

Adhaningrum, S. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 44–54. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4746

Anugraheni, I., Kristin, F., Airlanda, G. S., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis Olah Pikir di Sekolah Dasar Development Of Learning Learning Materials In Elementary School Jurnal Inventa Vol II . No 1 Maret 2018. II(1), 33–39. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1623

Basyari, I., H. H. (2014). Koenksistensi Antara Tradisionalitas dan Modernitas Perihal Ekonomi dan Budaya di Kota Surakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2311

Fitriani, Santoso, A., & Nurchasanah. (2017). Keefektifan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas X Smk. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1683–1691. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10333

Hartati, T. A. W., & Safitri, D. (2017). The Respon of IKIP BUDI UTOMO Students Toward The Instructional Book of Cell Biology Subject Aided by Interactive Multimedia. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 166. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4037

Hikmawati, N. (2018). Analisa kesiapan kognitif siswa SD/MI. Kariman, 6(1), 109–128. https://doi.org/10.52185/kariman.v6i1.15

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359

Koyan, I. W. (2012). Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79

Kurniawan, P. Y. (2019). Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Interaktif Yang Berbasis Kearifan Lokal Brebes Dalam Mata Kulia Semantik. BAHASTRA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia ISSN: 2550-0848; ISSN Online : 2614-2988 Vol. 3, No. 2, Maret 2019, 3(2), 170–176. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/3167

Kurniawati, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Letusan Gunung Berapi Kelas VII di SMP Negeri 1 Kamal. Jurnal Pendidikan Sains E-Pensa, 1(1), 42–46. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/1342

Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352

Latifah, S & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif berbasis Media Social Schoology. Indonesian Jurnal of Science and Mathematics Education, 2 (1). https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924

Lestari, C. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Untuk Mata Pelajaran Ips Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(2), 105. https://doi.org/10.21009/pip.302.5

Lestari, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Konstruktivistik Untuk Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(2), 99. https://doi.org/10.21009/pip.302.4

Lindawati. 2016. Pengembangan Bahan Ajar IPS berbasis Kecakapan Hidup (life skill) untuk Siswa Kelas V SD Tahun 2016. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora. 18, (1), 68-77. https://www.neliti.com/publications/139363/pengembangan-bahan-ajar-ips-berbasis-kecakapan-hidup-life-skill-untuk-siswa-kela.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Marheni, Sujana, & Putra, S. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kelas V SD no. 8 Padangsambian Denpasar. AMIMBAR PGSD Ejournal Undiksh, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1438

Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi., Yunisrul., Febrianto, R and Erwin, R. 2019. The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321 (2019) 032107. doi:10.1088/1742-6596/1321/3/032107

Nisa, H. U., & Supriyono, T. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 192–200. http//doi.10.15294/SELOKA.V5I2.13083

Nugraha, Y, A., Handoyo, E., Sulistyorini, S. 2018. Traditional Game on The Social Skill of Students in The Social Science Learning of Elementary School. Journal of Primary Education JPE. 7 (2) (2018) : 220 – 227. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/23475

Nugroho. (2013). Peningkatkan Penguasaan Konsep Dengan Model Pembelajaran Konsep Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 01(02), 1–11. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2936

Prabowo, C. A., Ibrohim, & Saptasari, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1090–1097. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6422

Puspasari, R., Suryaningsih, T. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Putri, I. W. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPS berbasis Gambar Kelas III Sekolah Dasar. Respository Universitas PGRI Yogyakarta. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1556

Rais, M. (2010). Model project based-learning sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 246–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/129/123

Rizki, S., & Linuhung, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual Dan Ict. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 137. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.674

Rohmah, D. F. (2017). Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 719–723. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9200/4445

Septiyan, G, D. 2017. Pengaruh Model Teams Games Tournament terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar. 4(1). https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5547

Sutama, G. A. dan K. S. (2015). Penerapan teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/index/index

Wirawan, Y. M & Yunian, R. W. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Gemifikasi pada Materi Himpunan. Jurnal Matematika,1(3), 2018, 329-335. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Yupita, I. A. dan W. T. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar Ina. Jpgsd, 01(02), 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3017




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v4i1.34796

Article Metrics

Abstract view : 479 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia  is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Jurnal Pendidikan Multikultural indexed by:

CrossrefAkreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Multikultural is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.