MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRIKAYA PARISUDHA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DAN HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • I Putu Yogik Suwara Mahardi
  • I Nyoman Murda
  • I Gede Astawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Abstract

Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran dengan siswa belajar secara berkelompok. TGT sangat mudah diterapkan dikalangan peserta didik dimana model ini menekankan pada keaktifan dan kerjasama seluruh siswa. Model ini mampu melibatkan aktivitas seluruh siswa dengan mengandung unsur permainan.  TGT ini merupakan model pembelajaran yang cocok untuk mata pelajaran IPA. Dalam pembelajaran yang menggunakan model ini, siswa diharapkan mampu mengkontruksi dan menyusun pengetahuan sendiri.  Dengan topik materi IPA yang cukup luas dan desain tugas-tugas atau sub-sub topik yang mengarah kepada kegiatan metode ilmiah, diharapkan siswa dalam kelompoknya dapat saling memberi kontribusi berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pembelajaran TGT juga dapat meningkatkan pendidikan karakter gotong royong siswa melalui pembelajaran yang beregu. Model TGT berbasis kearifan lokal trikaya parisudha memiliki banyak keunggulan yang diharapkan nantinya siswa dapat menjawab pertanyaan yang mereka dapatkan dengan kelompok masing-masing dengan cara berpikir yang benar, juga cara berbicara yang benar, dan juga dengan cara bertindak yang benar. Sehingga proses pembelajaran dengan model TGT berbasis kearifan lokal trikaya parisudha dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar IPA siswa.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustina, I.G.A.T dan I.N.Tika. 2013.Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Ombak.

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. G. 2015. Statistiska inferensial. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agustini, M. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Jurnal Mimbar PGSD. Volume 2, Nomor 1.

Astawan, I G, I G. P. Suryadarma, dan Sujarwo. 2018. Teori & Aplikasi Model Pembelajaran Trikaya Parisudha di Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha Press.

Aunurrahman, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Candiasa, I. M. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Effendi, dan T. Noer. 2013. “Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini”. Jurnal Pemikiran Sosiologi. Volume 2, Nomor: 1.

Effendi. T. N. 2013. “Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini”. Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume 2, Nomor1.

Elfindri, Hendrajaya, H. Wello, Hendmaidi, E. Eriyani, R. Indra. 2012. Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi Untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media Jakarta.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Suarnaya, K. D. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA”. e-Journal PGSD. Volume 3, Nomor 1.

Sudiatmika, A.A.I. A. R. 2014. “Pendidikan Sains Berlandaskan Budaya Lokal Tri Kaya Parisudha”. http://fisika.fkip.uns.ac.id.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenandamediagrup.

Sutirman. 2013. Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suwatra, I. I W, I K. Pujawan, I D K. Tastra, I K. Sudarma. 2007. Modul Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRIKAYA PARISUDHA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DAN HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98–107. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Issue

Section

Articles