PENGARUH PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV

Authors

  • Komang Krisna Handayani
  • Ign. I Wayan Suwatra
  • desak putu parmiti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20777

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar masih bersifat membosankan bagi siswa, sehingga membuat siswa tidak fokus dan tidak tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya nilai IPS siswa yang masih berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa SD kelas IV di Gugus II Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV semester II Gugus II kecamatan Bangli Kabupaten Bangli yang berjumlah 165 orang siswa. Sampel sebanyak 46 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan instrument tes objektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh dari kelas eksperimen bahwa kompetensi pengetahuan IPS siswa tergolong sangat tinggi dengan nilai rata-rata 79,2. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh bahwa kompetensi pengetahuan IPS siswa tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 64. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 5% thitung = 43,44 > ttabel = 1,68023 yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa SD. Dari hasil temuan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV semester II SD Gugus II Kecamatan Bangli.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adiwiguna, I Wayan, dkk. 2016. “Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Pendekatan Saintifik Berpengaruh Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1.

Ani, Ni Kd Kisri, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No. 2.

Apriliani, Ni K Winda, dkk. 2016. “Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Gambar Berseri Berpengaruh Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas I SD”. E-Journal Mimbar PGSD Unibersitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1.

Ardiantari, Ni L. Pt. Novi, dkk. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Tema Cita-Citaku Siswa Kelas IVB SD Negeri 8 Pemecutan”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No. 1.

Astianawan, I Pt, dkk. 2016. “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Penilaian Portofolio Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas III”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1.

Dewi, Luh Pt Ariestia, dkk. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No. 1.

Indrawan, I Wy Astra, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No. 2.

Megawati, Dewa Ayu Tri, dkk. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IVB SD”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No. 1.

Priyanti, Andrie Eka, dkk. 2016. “Pendekatan Saintifik Berbasis Problem Based Learning Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus P.B. Sudirman Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1.

Putra, I G. N. Pt. A. Laksana, dkk. 2019. “Pengaruh Model SFAE Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No. 2.

Putra, I Wayan Weda Gustana, dkk. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 4, No.1.

Setiawan, I Kd, dkk. 2016. “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan PKn Siswa Kelas VB SDN 1 Ubud Tahun Ajaran 2015/2016”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutoyo. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widariwati, N Putu, dkk. 2016. “Pendekatan Saintifik Berorientasi PBL Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan PKn Siswa Kelas V SD”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1.

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Handayani, K. K., Suwatra, I. I. W., & parmiti, desak putu. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20777

Issue

Section

Articles