PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Ni Nyoman Widya Narayani
  • Ign. I Wayan Suwatra
  • I Made Suarjana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785

Abstract

Berdasarkan hasil obervasi, wawancara, dan pencatatan dokumen, permasalahan dalam pembelajaran di antaranya 1) Kurangnya kepedulian terhadap lingkungan, 2) nilai rata-rata UAS IPA belum mencapai KKM, dan 3) guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model NHT berbasis Tri Hita Karana terhadap karakter dan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian semu dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IX Abiansemal dengan jumlah 167 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah SD No. 6 Darmasaba yang berjumlah 27 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD No. 4 Darmasaba berjumlah 24 orang sebagai kelompok kontrol. Sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data karakter siswa dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa lembar observasi, sedangkan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan karakter antara siswa yang dibelajarkan dengan model NHT berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (0,004<0,005); (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model NHT berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (0,025<0,05); dan (3) terdapat perbedaan secara simultan karakter dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model NHT berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (0,00<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berbasis Tri Hita Karana berpengaruh positif terhadap karakter dan hasil belajar IPA siswa.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung, A. A. G. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Aminah, Siti. 2010. “Efektivitas Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajara Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar”. Indragiri Jurnal, Volume 1, Nomor 4 (hlm. 32-33).

Anjarsari, Yungki. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS”. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2, (hlm. 2-7)

Astri. Ayu Diah. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar PKn”. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-7).

Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dayanthi, Kadek Ari D. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD”. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-7).

Evangelia Putri, Agatha. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS”. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-7).

Hisbullah & Nurhayati Selvi. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makasar: Aksara Timur.

Prayadnya, Ade Andre & Trina Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analasis Statitstik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Purwanto. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosakarya.

Rari Ratih, Dwi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA”. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-7)

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Rajawali Pers.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono,2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Margunayasa, dkk. 2014. Pembelajaran Terpadu Konsep dan Penerapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nilayanti, Putu Mega. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Konret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara”. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-7)

Ngurah, dkk. 1999. Buku Pendidikan Agama Hindu untuk Perguruan Tinggi. Surabaya: Paramita.

Nur Aeni, Ani. 2014. Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Bandung: UPI Press.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wiana, I Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Paramita.

Widiantari, Ni Nengah. “Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SD”. Mimbar PGSD,Volume 5, Nomor 2 (hlm. 2-7)

Wirawan, I Made Adi. 2011. Tri Hita Karana Kajian Teologi, Sosiologi dan Ekologi Menurud Veda. Surabaya: Paramita.

Witari, I Gusti Ayu. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm 2-7)

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Narayani, N. N. W., Suwatra, I. I. W., & Suarjana, I. M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785

Issue

Section

Articles