FEEDBACK ON THE STUDENTS‟ ERROR IN WRITING COMPOSITION

Authors

  • I Gede Budasi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.133

Abstract

Studi deskriptif kualita-tif ini bertujuan mendeskripsikan perkembangan tulisan mahasiswa setelah mendapatkan umpan balik dari dosen. Empat Mahasiswa Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha dilibatkan dalam studi ini. Masing-masing dari keempat mahasiswa itu diminta untuk menulis karangan berbahasa Inggris dengan 150 kata yang bertopik „Perkembangan Sejarah Keberadaan Jurusan Seni Rupa dan Disain Universitas Pendidikan Ganesha. Selanjutnya, dosen memberikan koreksi komprehensif yang meliputi: koreksi langsung dan diskusi lisan dengan mahasiswa secara berhadap-hadapan. Dalam koreksi gramatika yang dilakukan oleh dosen, keempat mahasiswa tersebut disuruh merevisi pekerjaannya berdasarkan umpan balik dosen berupa koreksi tulisan yang dicantumkan dalam tulisan asli mereka masing-masing. Diskusi lisan untuk membantu mahasiswa mencapai pemahaman yang lebih baik dalam aspek gramatika pada tulisannya juga dilakukan setelah mereka mengumpulkan kembali hasil revisinya seminggu setelahnya. Seminggu setelah diskusi lisan tersebut, mereka disuruh merevisi tulisan aslinya. Data yang didapat dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan dalam tulisan yang mereka telah revisi sesuai dengan umpan balik yang diberikan dosen, akan tetapi kesuksesan ini tidak terjadi dalam tulisan versi tes yang dilakukan pada kegiatan berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa koreksi dosen sendiri tidak memfasilitasi belajar kebahasaan.
Key words: writing skill, lecturer‟s error feedback, oral conferencing

Downloads

Published

2011-04-01

How to Cite

Budasi, I. G. (2011). FEEDBACK ON THE STUDENTS‟ ERROR IN WRITING COMPOSITION. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.133

Issue

Section

Articles