FEEDBACK ON THE STUDENTS‟ ERROR IN WRITING COMPOSITION
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.133Abstrak
Studi deskriptif kualita-tif ini bertujuan mendeskripsikan perkembangan tulisan mahasiswa setelah mendapatkan umpan balik dari dosen. Empat Mahasiswa Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha dilibatkan dalam studi ini. Masing-masing dari keempat mahasiswa itu diminta untuk menulis karangan berbahasa Inggris dengan 150 kata yang bertopik „Perkembangan Sejarah Keberadaan Jurusan Seni Rupa dan Disain Universitas Pendidikan Ganesha. Selanjutnya, dosen memberikan koreksi komprehensif yang meliputi: koreksi langsung dan diskusi lisan dengan mahasiswa secara berhadap-hadapan. Dalam koreksi gramatika yang dilakukan oleh dosen, keempat mahasiswa tersebut disuruh merevisi pekerjaannya berdasarkan umpan balik dosen berupa koreksi tulisan yang dicantumkan dalam tulisan asli mereka masing-masing. Diskusi lisan untuk membantu mahasiswa mencapai pemahaman yang lebih baik dalam aspek gramatika pada tulisannya juga dilakukan setelah mereka mengumpulkan kembali hasil revisinya seminggu setelahnya. Seminggu setelah diskusi lisan tersebut, mereka disuruh merevisi tulisan aslinya. Data yang didapat dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan dalam tulisan yang mereka telah revisi sesuai dengan umpan balik yang diberikan dosen, akan tetapi kesuksesan ini tidak terjadi dalam tulisan versi tes yang dilakukan pada kegiatan berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa koreksi dosen sendiri tidak memfasilitasi belajar kebahasaan.Key words: writing skill, lecturer‟s error feedback, oral conferencing
Unduhan
Diterbitkan
2011-04-01
Cara Mengutip
Budasi, I. G. (2011). FEEDBACK ON THE STUDENTS‟ ERROR IN WRITING COMPOSITION. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.133
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)