Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Daya Matematik Siswa dan Prestasi Belajar

Authors

  • Gusti Ayu Mahayukti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1690

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2)meningkatkan daya matematik siswa,dan (3) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran realistik berbantuan jurnal mingguan bermuatan contoh miskonsepsi dan soal termodifikasi. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi, jurnal dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II dan III pada kategori tinggi, Daya matematik pada siklus I dan II berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus III ada peningkatan yakni pada kategori baik. Prestasi belajar siswa naik dari siklus ke siklus. Dengan demikian, penerapan pembelajaran realistik berbantuan jurnal mingguan bermuatan contoh miskonsepsi dan soal termodifikasi dapat meningkatkan daya matematik siswa.

Kata-kata Kunci: matematika realistik, daya matematik, miskonsepsi

Downloads

Published

2013-05-01

How to Cite

Mahayukti, G. A. (2013). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Daya Matematik Siswa dan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1690