Pendidikan Kesehatan Melalui Pembelajaran Tematik Bertema Kesehatan Di SD

Authors

  • Desak Made Citrawathi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i2.1711

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan  mengembangkan pem-belajaran tematik bertema kesehatan di SD. Tema kesehatan digunakan dalam pembelajaran tema-tik agar dapat mempercepat peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) siswa. Analisis kebutuhan dilakukan mengidentifikasi: profil siswa SD berkaitan dengan PHBS siswa, tema yang dikembangkan guru dalam pembelajaran tematik di kelas II SD, fasilitas dan lingkungan sekolah untuk mendukung PHBS siswa,  kendala instruksional yang dihadapi guru dalam  pembelajaran tematik, dan masalah-masalah kesehatan yang dapat dikembangkan sebagai tema. Sampel pene-litian adalah siswa kelas II SD, guru SD, kepala sekolah, dan orang tua siswa di kota Singaraja. Teknik pengumpulan data adalah: wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Dari analisis data diperoleh bahwa PHBS siswa untuk indikator kebersihan diri dan kebersihan lingkungan untuk aspek tertentu sudah cukup baik (seperti mencuci tangan, mandi, membuang sampah), tetapi pada aspek lain perlu ditingkatkan. Kepala sekolah, guru kelas II, dan orang tua siswa sangat setuju menggunakan tema kesehatan dalam pembelajaran tematik untuk memberikan  pendidikan kesehatan di SD.

Kata kunci: Pembelajaran tematik, tema kesehatan, pendidikan kesehatan

Downloads

Published

2010-07-31

How to Cite

Citrawathi, D. M. (2010). Pendidikan Kesehatan Melalui Pembelajaran Tematik Bertema Kesehatan Di SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i2.1711

Issue

Section

Articles