Pendidikan Kesehatan Melalui Pembelajaran Tematik Bertema Kesehatan Di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i2.1711Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan mengembangkan pem-belajaran tematik bertema kesehatan di SD. Tema kesehatan digunakan dalam pembelajaran tema-tik agar dapat mempercepat peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) siswa. Analisis kebutuhan dilakukan mengidentifikasi: profil siswa SD berkaitan dengan PHBS siswa, tema yang dikembangkan guru dalam pembelajaran tematik di kelas II SD, fasilitas dan lingkungan sekolah untuk mendukung PHBS siswa, kendala instruksional yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik, dan masalah-masalah kesehatan yang dapat dikembangkan sebagai tema. Sampel pene-litian adalah siswa kelas II SD, guru SD, kepala sekolah, dan orang tua siswa di kota Singaraja. Teknik pengumpulan data adalah: wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Dari analisis data diperoleh bahwa PHBS siswa untuk indikator kebersihan diri dan kebersihan lingkungan untuk aspek tertentu sudah cukup baik (seperti mencuci tangan, mandi, membuang sampah), tetapi pada aspek lain perlu ditingkatkan. Kepala sekolah, guru kelas II, dan orang tua siswa sangat setuju menggunakan tema kesehatan dalam pembelajaran tematik untuk memberikan pendidikan kesehatan di SD.
Kata kunci: Pembelajaran tematik, tema kesehatan, pendidikan kesehatan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)