Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Menggu-nakan Pendekatan Starter Experiment.

Authors

  • I Dewa Putu Subamia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1780

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar sains siswa sekolah dasar pada penerapan dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran menggunakan Pendekatan Starter Experiment (PSE) dan model Pembelajaran Langsung (PL). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 3 Banjar Jawa pada siswa kelas 4 semester 2 tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu Manova menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menun-jukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar sains secara bersama-sama antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran menggunakan PSE dan model PL; (2) keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran menggunakan PSE lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model PL; dan (3) hasil belajar pada pembelajaran sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran menggunakan PSE lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model PL.

Kata-kata Kunci: pendekatan starter experiment, keterampilan proses sains, hasil belajar


Downloads

Published

2012-04-30

How to Cite

Subamia, I. D. P. (2012). Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Menggu-nakan Pendekatan Starter Experiment. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1780

Most read articles by the same author(s)