Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berbasis Lingkungan

Authors

  • I Dewa Putu Subamia
  • I Gusti Ayu Nyoman Sri Wahyuni
  • Ni Nyoman Widiasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4954

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan perangkat prak-tikum berorientasi lingkungan pada mata pelajaran IPA SMP sesuai kurikulum 2013. Produk dikem-bangkan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: studi pendahuluan, pengembangan, dan uji produk. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif menggunakan angket. Subjek penelitian adalah ahli, guru, dan siswa. Guru dan siswa yang dijadikan sampel pada uji coba adalah guru IPA dan siswa SMPN 2 Singaraja. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat praktikum yang dikembangkan termasuk kriteria valid. Skor rata-rata uji keterbacaan pada uji coba terbatas termasuk kriteria sangat valid. Pada uji coba terbatas dan luas, hampir seluruh siswa memberi respon posistif. Guru memberikan respon positif terhadap perangkat praktikum berorientasi lingkungan, baik dari segi kemudahan mempersiapkan maupun mengimple-mentasikannya. Dapat disimpulkan bahwa perangkat praktikum berorientasi lingkungan yang dikem-bangkan sudah memenuhi kriteria relevan dan mudah digunakan.

Kata-kata Kunci: penelitian pengembangan, perangkat praktikum, praktikum berbasis lingkungan

Downloads

How to Cite

Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S., & Widiasih, N. N. (2015). Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4954