Model Brain Based Learning dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.

Authors

  • Nyoman Kusmariyatni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1830

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA dan mendeskripsikan respon siswa kelas IV SD pada penerapan model brain based learning (BBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 5 Panji. Objek penelitian adalah model BBL, hasil belajar, dan respon siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data-data yang diperlukan dalam penelitian adalah (1) pemahaman konsep yang dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep, (2) kinerja ilmiah yang dikumpulkan melalui observasi kinerja ilmiah, dan (3) respon siswa yang dikumpulkan melalui angket respon. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Implementasi model BBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,80% (dari nilai rata-rata siklus I 67,22 dengan kategori cukup menjadi 78,52 dengan kategori baik; (2) respon siswa terhadap implementasi model BBL dalam pembelajaran IPA berkategori positif. Siswa menyatakan senang belajar IPA dengan model BBL.

Kata-kata Kunci: brain based learning, hasil belajar, kinerja ilmiah

Downloads

Published

2012-07-01

How to Cite

Kusmariyatni, N. (2012). Model Brain Based Learning dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1830

Issue

Section

Articles