Model Brain Based Learning dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1830Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA dan mendeskripsikan respon siswa kelas IV SD pada penerapan model brain based learning (BBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 5 Panji. Objek penelitian adalah model BBL, hasil belajar, dan respon siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data-data yang diperlukan dalam penelitian adalah (1) pemahaman konsep yang dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep, (2) kinerja ilmiah yang dikumpulkan melalui observasi kinerja ilmiah, dan (3) respon siswa yang dikumpulkan melalui angket respon. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Implementasi model BBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,80% (dari nilai rata-rata siklus I 67,22 dengan kategori cukup menjadi 78,52 dengan kategori baik; (2) respon siswa terhadap implementasi model BBL dalam pembelajaran IPA berkategori positif. Siswa menyatakan senang belajar IPA dengan model BBL.
Kata-kata Kunci: brain based learning, hasil belajar, kinerja ilmiah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)