Pelatihan Metode Self Instruction untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA

Authors

  • Luh Putu Sri Lestari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelatihan metode self-instruction dalam meningkatkan self-esteem siswa SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen yaitu one-group pretest-posttest design dengan subjek 5 orang siswa kelas XI SMA. Lab. Undiksha Singaraja yang teridentifikasi sebagai siswa yang memiliki self-esteem rendah. Instrumen yang digunakan ya-itu skala self-esteem dan instrumen untuk bahan perlakuan berupa buku panduan pelatihan dengan metode self-instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat self-esteem sis-wa sebelum dan setelah mendapatkan intervensi pelatihan dengan metode self-instruction. Dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test, diperoleh bahwa intervensi metode self-instruction se-cara signifikan dapat meningkatkan self esteem siswa.

Kata-kata Kunci: self instruction, self esteem, perilaku kognitif

Downloads

How to Cite

Lestari, L. P. S. (2015). Pelatihan Metode Self Instruction untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4626