Pelatihan Metode Self Instruction untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA

Penulis

  • Luh Putu Sri Lestari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4626

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelatihan metode self-instruction dalam meningkatkan self-esteem siswa SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen yaitu one-group pretest-posttest design dengan subjek 5 orang siswa kelas XI SMA. Lab. Undiksha Singaraja yang teridentifikasi sebagai siswa yang memiliki self-esteem rendah. Instrumen yang digunakan ya-itu skala self-esteem dan instrumen untuk bahan perlakuan berupa buku panduan pelatihan dengan metode self-instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat self-esteem sis-wa sebelum dan setelah mendapatkan intervensi pelatihan dengan metode self-instruction. Dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test, diperoleh bahwa intervensi metode self-instruction se-cara signifikan dapat meningkatkan self esteem siswa.

Kata-kata Kunci: self instruction, self esteem, perilaku kognitif

Cara Mengutip

Lestari, L. P. S. (2015). Pelatihan Metode Self Instruction untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4626

Terbitan

Bagian

Articles