Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa

Authors

  • I Pande Putu Alit Antara Antara SMAN 1 Semarapura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4629

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan penguasaan konsep ki-mia dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembela-jaran konvensional, baik secara bersama-sama maupun secara terpisah. Jenis penelitian yang dilaku-kan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group. Populasi penelitian adalah siswa di tiga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarangkan yang berjumlah 96 orang. Sampel penelitian diambil dari 2 kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil pene-litian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiah secara bersama-sama antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif jigsaw dan konvensional, (2) secara terpisah, ada perbedaan pemahaman konsep kimia ataupun sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional. Siswa yang mengikuti pem-belajaran kooperatif jigsaw memiliki pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiah yang lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Kata-kata Kunci: kooperatif tipe jigsaw, penguasaan konsep kimia, sikap ilmiah.

Downloads

How to Cite

Antara, I. P. P. A. A. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4629