Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4629Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan penguasaan konsep ki-mia dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembela-jaran konvensional, baik secara bersama-sama maupun secara terpisah. Jenis penelitian yang dilaku-kan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group. Populasi penelitian adalah siswa di tiga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarangkan yang berjumlah 96 orang. Sampel penelitian diambil dari 2 kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil pene-litian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiah secara bersama-sama antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif jigsaw dan konvensional, (2) secara terpisah, ada perbedaan pemahaman konsep kimia ataupun sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional. Siswa yang mengikuti pem-belajaran kooperatif jigsaw memiliki pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiah yang lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata-kata Kunci: kooperatif tipe jigsaw, penguasaan konsep kimia, sikap ilmiah.Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)