ANALISIS KESENJANGAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD NO. 4 BANYUASRI

I Wayan Adi Antara, Ndara Tanggu Renda

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis kesenjangan rencana pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 yang dibuat oleh  guru  SD No. 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Permendikbud  Nomor 103 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013; (2) untuk menganalisis kesenjangan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013  yang dilakukan oleh guru SD No. 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Permendikbud  Nomor 103 Tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) studi dokumentasi, (2) observasi, dan (3) wawancara. Data yang sudah terkumpul diolah dengan menggunakan statistik non parametrik dengan uji bertanda wilcoxon, kemudian dilanjutkan dengan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh guru kelas di SD No. 4 Banyuasri. Objek penelitian ini adalah RPP dan pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013 yang disusun dan dilaksanakan oleh guru berdasarkan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) besarnya kesenjangan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 yang dibuat oleh  guru  SD No. 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Permendikbud  Nomor 103 Tahun 2014 adalah sebesar 15% dan tergolong kategori sangat kecil (SK), (2) besarnya  kesenjangan pelaksanaan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru SD No. 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Permendikbud  Nomor 103 Tahun 2014 adalah sebesar 25,21% dan tergolong kategori kecil (K).

Keywords


kesenjangan; perencanaan pembelajaran; pelaksanaan pembelajaran; Permendikbud No. 103/2014

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpp.v40i4.9003

Article Metrics

Abstract view : 303 times
PDF file view : 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPP is indexed by:

          Crossref JPI

 

Creative Commons License

JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.