Penggunaan Multimedia Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Fisika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1689Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kompetensi dasar fisika siswa dalam pembelajaran fisika melalui penggunaan multimedia berbasis masalah, dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia berbasis masalah dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMAN 1 Busungbiu yang berjumlah 33 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus pembelajaran dengan tahapan pada tiap-tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data kompetensi dasar fisika siswa didasarkan atas skor perolehan tes tiap akhir siklus. Data tanggapan siswa dikumpulkan melalui angket. Data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan kompetensi dasar fisika siswa dalam pembelajaran fisika melalui penggunaan multimedia berbasis masalah dan (2) tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia berbasis masalah dalam pembelajaran fisika termasuk kategori sangat positif.
Kata-kata Kunci: multimedia, problem-based learning, pembelajaran fisika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)