Penggunaan Multimedia Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Fisika Siswa

Penulis

  • I Gede Mardana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1689

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kompetensi dasar fisika siswa dalam pembelajaran fisika melalui penggunaan multimedia berbasis masalah, dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia berbasis masalah dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMAN 1 Busungbiu yang berjumlah 33 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus pembelajaran dengan tahapan pada tiap-tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data kompetensi dasar fisika siswa didasarkan atas skor perolehan tes tiap akhir siklus. Data tanggapan siswa dikumpulkan melalui angket. Data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan kompetensi dasar fisika siswa dalam pembelajaran fisika melalui penggunaan multimedia berbasis masalah dan (2) tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia berbasis masalah dalam pembelajaran fisika termasuk kategori sangat positif.

Kata-kata Kunci: multimedia, problem-based learning, pembelajaran fisika

Diterbitkan

2013-05-01

Cara Mengutip

Mardana, I. G. (2013). Penggunaan Multimedia Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1689

Terbitan

Bagian

Articles