Peranan Diklat Dasar-Dasar Ilmu Kelautan Dan Perikanan Pada Anak Remaja Pesisir Di Kecamatan Buleleng, Buleleng, Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i2.1714Abstract
Minat anak-anak remaja pesisir di Kecamatan Buleleng terhadap bidang kelautan dan perikanan sangatlah rendah (Jelantik, 2001). Karena itu, haruslah ada upaya untuk menghentikan-nya. Terkait dengan upaya ini, satu pertanyaan yang cukup penting untuk dijawab adalah apakah pendidikan dan pelatihan di bidang kelautan dan perikanan dapat meningkatkan wawasan dan mi-nat anak-anak remaja pesisir di Kecamatan Buleleng pada bidang kelautan dan perikanan ? Untuk menjawab pertanyaan ini maka dilakukanlah penelitian eksperimental dengan menempatkan anak-anak remaja pesisir di Kecamatan Buleleng sebagai subjek penelitian yang diberikan perlakuan berupa pendidikan dan pelatihan tentang aspek kelautan dan perikanan. Semua data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dengan mencari rerata pening-katan nilai tes antara sebelum dan setelah perlakuan diklat. Dari penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa 1) pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampi-lan dan minat anak-anak remaja pesisir dibidang kelautan ; dan 2) pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan minat anak-anak remaja pesisir di bidang perikanan.
Kata kunci: pendidikan, latihan, kelautan, perikanan, remaja pesisir
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)