Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau dari Kemandirian Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1839Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran blended (blended learning) terhadap hasil belajar kimia ditinjau dari kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan posttest only control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang terdiri dari dua dimensi, yaitu blended learning dan pembelajaran langsung, variabel moderator adalah kemandirian siswa, dan variabel terikat adalah hasil belajar kimia. Subyek penelitian adalah siswa SMAN 5 Denpasar kelas X yang berjumlah 152 siswa. Data dianalisis menggunakan ANAVA faktorial 2x2 dan Uji Tukey. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil belajar kimia siswa yang mengikuti blended learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, (2) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar kimia, (3) hasil belajar siswa dengan kemandirian tinggi yang mengikuti blended learning lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, dan (4) tidak terdapat perbedaan antara siswa dengan kemandirian rendah yang mengikuti kedua model pembelajaran tersebut.
Kata-kata Kunci: blended learning, kemandirian siswa, hasil belajar siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)