Penerapan Siklus Belajar Experiential Untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Fisika Siswa Kelas x di SMA Negeri 2 Singaraja

Authors

  • Erwin Sutarno

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v41i1.1980

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja menggunakan pembelajaran modul praktikum fisika berbasis kompetensi dengan siklus belajar experential. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 41 siswa semester II. Penelitian tindakan ini terdiri dua siklus. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, tes keterampilan dalam aspek psikomotor, lembar observasi untuk aspek afektif, dan angket untuk respon siswa. Data kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor; dan juga peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan modul praktikum fisika. Hasil analisis terhadap respon siswa menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran

 

Kata kunci : modul praktikum fisika berbasis kompetensi, siklus belajar experiential, kompetensi dasar fisika, aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Downloads

Published

2008-04-01

How to Cite

Sutarno, E. (2008). Penerapan Siklus Belajar Experiential Untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Fisika Siswa Kelas x di SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 41(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v41i1.1980

Issue

Section

Articles