Penerapan Siklus Belajar Experiential Untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Fisika Siswa Kelas x di SMA Negeri 2 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v41i1.1980Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja menggunakan pembelajaran modul praktikum fisika berbasis kompetensi dengan siklus belajar experential. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 41 siswa semester II. Penelitian tindakan ini terdiri dua siklus. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, tes keterampilan dalam aspek psikomotor, lembar observasi untuk aspek afektif, dan angket untuk respon siswa. Data kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor; dan juga peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan modul praktikum fisika. Hasil analisis terhadap respon siswa menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran
Kata kunci : modul praktikum fisika berbasis kompetensi, siklus belajar experiential, kompetensi dasar fisika, aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)