Edutech Smart: Sebuah Pengembangan Portal E-Learning untuk Meningkatkan E-fektivitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4218Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan resource dan activity portal e-learning Edutech Smart yang layak dilihat dari aspek pembelajaran, isi/materi, tampilan, dan pemrograman dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata kuliah media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan merupakan adaptasi dari langkah-langkah pe-nelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall, desain pembelajaran Dick & Carey, desain e-learning Surjono, dan desain evaluasi produk Sadiman, dkk. Subjek coba pada ta-hap evaluasi adalah mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Univer-sitas Pendidikan Ganesha yang masing masing berjumlah 12 dan 46 orang. Hasil penelitian menun-jukkan bahwa portal e-learning tergolong pada kategori sangat baik dari aspek pembelajaran, isi/materi, tampilan, maupun aspek pemrograman sehingga layak digunakan sebagai sumber bela-jar. Implementasi e-learning Edutech Smart ini juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata kuliah media pembelajaran pada mahasiswa.
Kata-kata Kunci: e-learning, efektivitas pembelajaran, media pembelajaranDownloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)