Task-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4859Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi berbicara mahasiswa pada mata kuliah Reception. Penelitian dilakukan di Jurusan DIII Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha dengan subyek penelitian sebanyak 20 mahasiswa semester empat. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes, menulis pada teacher’s diary dan merekam video. Instrumen yang digunakan adalah tes berbicara, teacher’s digital diary dan kamera video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa task-based learning dapat meningkatkan kompetensi berbicara mahasiswa dalam mata kuliah Reception. Hal ini dibuktikan dari skor rata-rata kompetensi mahasiswa yang meningkat dari siklus satu ke siklus dua. Skor rata-rata siklus satu adalah 68,9 dengan kategori cukup dan skor rata-rata siklus dua adalah 78,8 tergolong baik.
Kata-kata Kunci: task-based learning, kompetensi berbicara, reception
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)