Task-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa

Penulis

  • Ni Putu Era Marsakawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4859

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi berbicara mahasiswa pada mata kuliah Reception. Penelitian dilakukan di Jurusan DIII Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha dengan subyek penelitian sebanyak 20 mahasiswa semester empat. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes, menulis pada teacher’s diary dan merekam video. Instrumen yang digunakan adalah tes berbicara, teacher’s digital diary dan kamera video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa task-based learning dapat meningkatkan kompetensi berbicara mahasiswa dalam mata kuliah Reception. Hal ini dibuktikan dari skor rata-rata kompetensi mahasiswa yang meningkat dari siklus satu ke siklus dua. Skor rata-rata siklus satu adalah 68,9 dengan kategori cukup dan skor rata-rata siklus dua adalah 78,8 tergolong baik.

 

Kata-kata Kunci: task-based learning, kompetensi berbicara, reception

Cara Mengutip

Marsakawati, N. P. E. (2015). Task-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2-3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4859

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama