Model Konseptual Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Budaya Untuk Sekolah Dasar di Bali

Penulis

  • Ni Nyoman Padmawati
  • Putu Kerti Nitiasih
  • Luh Putu Artini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1758

Abstrak

Penelitian ini dirancang untuk menciptakan suatu model pembelajaran Bahasa Inggris yang berbasis budaya di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian yang lebih besar yang menggunakan rancangan penelitian pengembangan (R&D) yang di tahun pertama bertujuan untuk menciptakan model konseptual tentang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis budaya. Penelitian  ini menggunakan populasi sekolah dasar yang ada di Bali dan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik multi-stage sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, analisis dokumen dan dilengkapi dengan wawancara dan ditriangulasi dengan menggunakan ex-pert judgement. Hasil analisis data adalah  dihasilkannya model konseptual pembelajaran Bahasa Inggris yang berisi tentang standar kompetensi Bahasa Inggris sekolah dasar, kompetensi dasar, tema/materi yang harus diajarkan untuk mencapai kompetensi, pendekatan, metode/strategi, dan assessmen yang digunakan untuk menilai kompetensi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Model konseptual ini akan menjadi dasar pengembangkan modul dan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris sekolah dasar yang akan dikerjakan di tahun kedua sebagai tahap lanjutan penelitian ini.

Kata kunci: model pembelajaran bahasa Inggris, kompetensi

Diterbitkan

2009-10-31

Cara Mengutip

Padmawati, N. N., Nitiasih, P. K., & Artini, L. P. (2009). Model Konseptual Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Budaya Untuk Sekolah Dasar di Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1758

Terbitan

Bagian

Articles