The Inspiring Teachers: Suatu Studi Pendahuluan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1824Abstrak
Inspiring teachers adalah guru-guru yang yang mampu mendorong anak didiknya untuk belajar serta menggali pengetahuan jauh melebihi materi pelajaran yang diberikan di kelas. Keberadaan inspiring teacher tidak hanya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, lebih dari itu inspiring teacher ikut mempengaruhi kehidupan siswa pada masa-masa selanjutnya. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian payung yang dilaksanakan di Universitas Jambi. Penelitian dilakukan secara desktriptif terhadap 70 responden yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepintaran bukanlah faktor utama yang menentukan seorang inspiring teacher. Selanjutnya, penelitian ini juga menyingkap sejumlah karakter yang biasanya dimiliki oleh inspiring teachers.
Kata-kata Kunci: inspiring teacher, pendidikan biologi, pembelajaran yang menyenangkan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)