Pengaruh Pembelajaran Berbasis Sastra Lokal Bali terhadap Prestasi Menulis Naratif Bahasa Inggris.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1829Abstrak
Penelitian ini mengkaji pengaruh antara proses pembelajaran berbasis sastra terhadap prestasi menulis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester empat pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun akademik 2010/2011. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik simple random sampling dimana seluruh individu dalam populasi mendapat kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel, sehingga didapat dua kelas sampel. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Group Design. Hasil post test menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Sastra Lokal (PBSL) menunjukkan prestasi yang lebih baik dari siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional (PK). Rata-rata kelompok kontrol adalah 78.65 sementara rata-rata kelompok eksperimen adalah 85.65. Ditinjau dari nilai median, kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 85, sedangkan kelompok kontrol 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi menulis kelompok eksperimental lebih baik daripada prestasi menulis kelompok kontrol. Dari hasil t-test, didapatkan hasil bahwa tobserved posttest adalah 9.392. Sedangkan nilai tcv pada derajat kebebasan 38 dan signifikansi .05 adalah 1.686. Hal ini berarti bahwa tobserved > tcv. Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang diajar dengan PBSL dan yang diajar dengan PK.
Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis sastra, menulis naratif, prestasi menulis
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)