Pengembangan Buku Ajar Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Pemecahan Masalah Terbuka.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1832Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan Buku Ajar Pendidikan Matematika I Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Berbasis Pemecahan Masalah Terbuka. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model ADDIE. Rancangan produk divalidasi oleh ahli isi, ahli desain, ahli media, dan kemudian dilakukan uji perorangan dan kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Data yang didapatkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Temuan-temuan dari penelitian ini adalah (1) buku ajar yang disusun mimiliki kelayakan isi sebesar 77,14%, kelayakan desain sebesar 88,89%, dan kelayakan media sebesar 88,57%; dan (2) tingkat kelayakan uji terbatas perorangan mahasiswa sebesar 83,8%, dosen sebesar 76,36%, dan uji kelompok sebesar 78,35%. Karakteristik buku ajar yang dikembangkan adalah pada setiap unit berisi (1) konsep-konsep kunci, (2) kerangka isi, (3) kompetensi dasar, (4) indikator hasil belajar, (5) uraian materi sesuai dengan unit yang dipaparkan, (6) rangkuman, (7) lembar masalah, dan (8) tes akhir unit. Pada bagian uraian materi disajikan contoh-conroh masalah terbuka. Pada bagian lembar masalah dan tes akhir unit disajikan masalah-masalah matematika kontekstual dan bersifat terbuka.
Kata-kata Kunci: pendidikan matematika, matematika realistik, pemecahan masalah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)