Profil Masalah-masalah Pembelajaran pada Perkuliahan Poetry
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1834Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA dalam mempelajari puisi. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukkan dengan menggunakan beberapa instrumen yaitu kuesioner, pedoman observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa dalam mempelajari puisi adalah kesulitan dalam memahami buku ajar, kesulitan dalam memahami makna puisi yang mereka baca, kesulitan dalam menggunakan ragam majas yang tepat untuk mengungkapkan tujuan puisi yang mereka tulis dan kesulitan dalam memahami makna majas-majas yang digunakan dalam sebuah puisi.
Kata-kata Kunci: profil masalah pembelajaran, majas-majas dalam puisi, pembelajaran puisi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)